Manfaat Blog Untuk Bisnis

Business Blogging itu Bukan Opsi, Tapi Keharusan

Ini dia salah satu cara jitu meningkatkan online visibility bisnis Anda. Apa itu online visibility? Seberapa sering bisnis Anda “tampak online” itulah yang dimaksud dengan online visibility. Business blogging atau blog untuk bisnis membantu meningkatkan frekuensi bisnis Anda tampil di dunia maya dan terlihat oleh netizen. Blog untuk bisnis tentu berbeda dengan blog pribadi yang biasanya hanya digunakan untuk menyalurkan hobi. Salah satu alat marketing yang efektif, itulah manfaat blog untuk bisnis.

Blog untuk bisnis ini biasanya jadi satu dengan suatu situs atau website resmi suatu bisnis. Konten yang diunggah pun harus sesuai dengan jenis bisnis yang digeluti. Misalnya, Anda memiliki website untuk mengembangkan bisnis garmen, maka artikel yang dipost di blog website Anda haruslah yang berhubungan dengan garmen. Sebagai contoh, Anda bisa mengisi blog Anda dengan artikel tentang fashion terkini dan tips mix and match baju.

Lalu, seberapa penting sih aktivitas blogging ini untuk bisnis Anda? Bedakah blog dengan marketing tools lainnya seperti email dan akun-akun media sosial? Mari kita simak bersama poin-poin berikut ini:

1. Blog Menjadi Sumber Tepercaya.

Konten-konten di dalam blog memberi sentuhan tersendiri bagi pembacanya, ini membuatnya menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya. Menurut suatu studi yang ditulis di Hubspot, blog menempati urutan ke-5 sebagai sumber yang paling bisa diandalkan berkaitan dengan keakuratan suatu informasi. Blog juga menjadi alat branding bagi bisnis Anda karena mampu menunjukkan karakter dan kekuatan usaha yang Anda jalankan. Maka, pastikan konten yang Anda posting di blog mampu memberi personal touch.

2.  Blog Meningkatkan Traffic Situs Bisnis Anda.

Supaya website Anda menjadi alat marketing yang berfungsi optimal, Anda memerlukan traffic yang tinggi. Mungkin Anda juga mencoba memasang iklan dengan biaya yang tinggi. Kemudian, jika budget untuk iklan Anda menipis, maka traffic pun kembali terjun bebas. Hanya pengunjung lama saja yang akan mengunjungi website Anda. Blog menjadi solusi efektif untuk masalah ini. Setiap kali Anda mengunggah satu artikel, mesin pencari online akan “menangkap sinyal” bahwa website Anda aktif. Semakin banyak artikel atau konten yang Anda unggah, maka semakin sering website Anda muncul di mesin pencari. Ini diperkuat lagi oleh suatu riset yang diadakan oleh business2community.com, yang menyatakan bahwa perusahaan/bisnis yang secara aktif melakukan blogging mendapatkan 98% lebih banyak links ke website-nya.

 3. Blog Memperluas Jaringan Anda.

Selain meningkatkan frekuensi kemunculan website Anda pada mesin pencari, blogging juga membantu Anda memperluas jaringan. Caranya? Pada halaman blog Anda, tambahkan fitur share, sehingga orang yang mengunjungi blog bisa membagikannya ke akun-akun medsos yang mereka miliki. Dengan begitu, jangkauan bisnis Anda pun meluas, karena makin banyak orang yang mengenal bisnis Anda. Artikel yang secara rutin Anda unggah di blog membantu media sosial perusahaan tetap hidup. Anda pun bisa menjadikannya pusat konten, jadi tak harus bingung mencari materi untuk post di akun-akun media sosial bisnis Anda.

4. Blog Mampu Mengundang Pengunjung Web Anda Menjadi Subscriber.

Setelah traffic meningkat, tentu saja Anda tidak akan hanya berhenti di situ. Anda masih harus mengubah traffic yang tinggi itu menjadi leads atau pengunjung web yang menjadi subscriber. Blog mampu membantu Anda untuk mencapainya. Tidak hanya memberi halaman baru bagi website Anda setiap kali ada unggahan baru, blog juga bisa meningkatkan leads. Sesuai informasi yang tertulis dalam blog.hubspot.com, pelaku Business to Business (B2B) yang aktif blogging mendapatkan 67% lebih banyak leads daripada yang pasif.

5. Blog Membangun Rasa Percaya.

Blog juga berfungsi sebagai penyedia jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang dimiliki oleh pelanggan/klien potensial Anda. Dari sinilah blog mampu membangun rasa percaya dari pelanggan kepada Anda. Kepercayaan
sulit didapat, dan ketika Anda sudah mendapatkannya, masih harus ada usaha untuk mempertahankannya. Itulah sebabnya, blog Anda haruslah bersisi konten yang memiliki kulitas mampu menjadi sumber informasi yang bermanfaat.

Sumber: Cacoethes Scribendi