Saling Jaga dari Teror HIV

Penyakit HIV memakan korban yang tersebar di Provinsi besar. Mereka tersebar di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, dan Jawa Barat. Provinsi besar yang memiiliki perputaran uang yang besar memang menjadi lahan orang terkena penyakt HIV. Data yang dirilis Kementrian Kesehatan  menunjukkan bahawa wilayah Jakarta yang terkena sebesar 48.502, Jawa Timur 35.168, Papua 27.052, Jawa Barat 26.066, Jawa Tengah 19,272, dan Bali 15.873.

Data tersebut menjadi  rambu-rambu bagi wilayah-wilayah yang sedang berkembang dan wilayah desa. Sebab cepat atau lama HIV akan merambat ke wilayah pedesaan maka proses pemiskinan akan berjalan. Apabila desa sudah terkena penyakit mematikan tersebut, sumber daya pada keluarga yang menjadi korban akan terkuras habis, sawah dijual dan tanah bisa terjual.

Usia-usia yang terkena penyakit  HIV rata-rata masuk usia produktif 20-39 tahun. Usia tersebut merupakan usia produktif yang seharusnya memberikan tenaga dan pikirannya untuk diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Namun, mereka harus bergelut dengan penyakit yang sedang menggerogoti tubuh mereka.

Semoga kita sebagai masyarakat bisa saling jaga dan saling melindungi, bukan saling menghancurkan.