Cara Memasarkan Produk Secara Online

Cara memasarkan produk secara online bukan merupakan hal yang sulit, bahkan bisa dikatakan mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk para bisnis pemula.

Bayangkan saja, Anda cukup menggunakan minimal satu handphone atau satu unit PC/laptop yang telah terhubung dengan koneksi internet, maka Anda sudah bisa memasarkan produk secara online.

Berikut ini adalah cara memasarkan produk secara online yang harus Anda cermati

Kunci Memasarkan Produk Secara Online adalah Manajemen Media Sosial dengan Baik

Sekalipun Anda sudah memiliki website online untuk produk jualan Anda, penggunaan sosial media yang aktif akan sangat berpengaruh pada pemasaran produk Anda.

Pemilihan konten yang diunggah dan terakhir kali Anda melakukan update suatu produk di media sosial tersebut akan mempengaruhi konsumen atau calon pembeli untuk bertransaksi dengan Anda atau tidak.

Bayangkan saja, jika Anda hendak  membeli suatu produk di media sosial dan ternyata terakhir updatenya adalah satu tahun yang lalu apakah Anda akan membeli di toko online tersebut? Pastinya Anda akan mengurungkan niat untuk melakukan transaksi di toko online tersebut, bukan?

Maka dari itu, pasarkan produk online Anda tersebut di seluruh platfrom media sosial yang Anda miliki. Agar unggahan produk di satu media sosial dengan media sosial yang lain sama.

Untuk lebih memudahkan pekerjaan, Anda dapat memilih salah satu tools manajemen media sosial misalnya yaitu, Bufferapp dan Hootsuite. Dua tools tersebut merupakan layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media daring yang juga terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti: Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dan WordPress.

Jadi Anda cukup memposting satu konten saja namun akan langsung tersambung dengan banyak akun media sosial yang Anda miliki. Sangat efesien, bukan?

Baca Juga:  Tips Kelola Keuangan Bagi UMKM

Jangan Lupa Untuk Menggunakan Tools Analisis Produk

Berikut merupakan tools analisis yang bermanfaat bagi pemasaran produk secara online:

  1. Google analytics, merupakan layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Dengan tools ini Anda akan mendapatkan data lengkap pengunjung website Anda, mulai daerah mana, teknologi yang digunakan, usia, gender, halaman mana saja yang banyak dikunjungi, dan masih banyak lagi.
  2. Google Trends, merupakan grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa.  Anda dapat menganalisa trend apa saja yang sedang hangat yang berkaitan dengan produk yang Anda miliki.

Pentingnya Desain Untuk Memasarkan Produk Secara Online

Sebelum mendesain produk Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terebih dahulu. Hal yang paling utama adalah gunakan foto produk beresolusi tinggi sehingga tidak pecah. Semakin tinggi kualitas foto semakin besar peluang calon pembeli untuk membeli di toko online Anda.

Kemudian, gunakan data pendukung yang meyakinkan dalam mendeskripsikan produk. Calon Pembeli atau konsumen pasti akan membaca deskripsi produk terlebih dahulu.

Contohnya, ketika Anda hendak menjual mukena. Selain mendeskripsikan detail ukuran, jangan lupa tambahkankan deskripsi tentang material dasar yang digunakan dan fakta yang terdapat dari material dasar itu sendiri.

Jika foto produk dan dekripsi produk yang disertai data pendukung sudah siap, selanjutnya adalah masuk ke tahap desain. Tidak semua orang mampu mendesain dengan baik.

Namun, jika Anda memiliki kemampuan desain yang minim, Anda bisa memanfaatkan aplikasi desain praktis yang tersedia di Playstore ataupun AppStore.

Banyak sekali ragam aplikasi yang dapat mendesain dengan mudah dan gak perlu ribet, sehingga Anda yang tidak terlalu paham tentang desain pun bisa memasarkan produk secara online dengan mudah dan menarik. Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah Canva

Baca Juga:  3 Faktor Bisnis Gagal Diera Digital

Canva menggunakan format drag-and-drop dan menyediakan akses ke foto, gambar vektor, grafik, dan font. Ini digunakan oleh non-desainer maupun profesional. Alat ini dapat digunakan untuk desain web dan media cetak serta grafik. Tools desain yang sangat powerfull untuk mendukung pemasaran produk online Anda.

Dalam berbisnis dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan untuk terus belajar, yakinlah Anda pasti bisa. Semoga artikel cara memasarkan produk secara online ini bermanfaat untuk Anda ya.

Sumber foto: geralt (pixabay.com)