Cara Membuat Logo yang Menarik

Cara Membuat Logo

Membuat logo tidak boleh secara asal-asalan. Karena logo memiliki peran penting untuk brand sebuah usaha atau bisnis.

Membuat logo yang menarik mungkin awalnya terdengar cukup sulit.  Cara membuat logo memerlukan ide serta konsep yang dapat menarik perhatian pelanggan.

Melalui logo, Anda dapat memperkenalkan bisnis yang sedang Anda jalankan kepada orang lain. Jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba membuat logo sendiri, maka Anda harus membaca artikel ini hingga selesai.

Berikut ulasan cara membuat logo yang menarik sehingga bisnis Anda mudah diingat oleh para pembeli

Logo Itu Penting

Kita harus tahu, bahwa manusia cenderung lebih mudah tertarik dan mengingat hal-hal yang terlihat secara visual.

Logo merupakan bagian terpenting dalam membentuk suatu brand. Logo termasuk ke dalam desain komunikasi visual yang berguna sekali untuk menjelaskan identitas maupun deskripsi suatu brand.

Karena itu menciptakan logo yang efektif membutuhkan pemikiran, penelitian, perencanaan, dan kreativitas yang mumpuni.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Anda Merancang Sebuah Logo

Sebelum mendesain logo untuk usaha Anda, hal pertama yang perlu Anda tahu adalah definisi dan peran penting sebuah logo itu sendiri.

Anda harus mengerti apa itu logo, apa yang digambarkan dari sebuah logo, dan apa tujuan logo itu sendiri. Logo bukan hanya sebuah simbol atau tanda, namun lebih dari itu.

Sebuah logo merefleksikan merek iklan bisnis melalui penggunaan bentuk, tulisan, warna dan atau gambar.

Belajarlah dari Logo Brand Ternama

Anda bisa mencari inspirasi logo dari brand-brand ternama. Cobalah untuk mencermati berbagai macam logo dari brand ternama. Sebagian besar logo dari brand ternama memiliki 1 atau 2 warna saja. Contohya logo Unilever. Pastikan logo tersebut masih terlihat bagus ketika diletakkan pada warna background hitam atau putih.

Baca Juga:  Menghargai dan Mendidik Kaum Disabiitas

Selanjutnya, logo-logo dari brand ternama tersebut menggunakan tipe stylized. Maksudnya, model dari logo tersebut akan tetap keren walaupun 10, 20 hingga 30 tahun ke depan.

Dalam membuat logo yang berkesan terkadang banyak orang yang masih salah dalam mengambil keputusan. Pemilihan clip art yang tidak menarik membuat tampilan logo nampak membosankan dan justru jauh dari kesan menarik.

Kemudian, logo dari brand ternama kebanyakan menggunakan desain yang sangat simple. Agar mudah diingat dan ketika digunakan dalam ukuran kecil sekalipun, orang-orang tetap akan mengenalinya. Banyak orang yang beranggapan logo yang rumit adalah logo yang bagus karena tidak ada duanya. Justru logo yang menarik adalah logo yang simple.

Pemilihan Warna Pada Logo Harus Relevan

Sejak lama warna diketahui dapat memberikan makna dan pengaruh tersendiri untuk kondisi psikologi seseorang. Bahkan, warna bisa menjadi bentuk komunikasi non verbal yang dapat menyampaikan pesan tersembunyi.

Melalui warna yang Anda pilih untuk logo bisnis  dapat mencerminkan pesan yang hendak disampaikan. Pastikan logo Anda relevan dengan tujuan dan maksud bisnis Anda.

Logo yang Baik Adalah Logo yang Mudah Diingat

Logo Anda menjadi identifikasi dan pembeda brand satu dengan lainnya. Selain itu, logo dibuat untuk menangkap perhatian dan memberikan kesan positif kepada orang-orang secara jangka panjang.

Maka dari itu, logo yang baik selain simple juga mudah diingat. Cukup banyak perusahaan yang menggunakan logo dengan font yang sederhana dengan didukung simbol-simbol abstrak atau ilustratif.

Setelah Anda memiliki logo bisnis, Anda bisa membaca artikel mengenai cara memasarkan produk secara online di sini

Semoga artikel yang baru saja kita bahas mengenai cara membuat logo yang menarik ini bermanfaat ya bagi Anda.

Baca Juga:  Mengoptimalkan Google Plus Communities untuk Bisnis

Sumber foto: StartupStockPhotos (pixabay.com)