Cara Menentukan Ide Bisnis

Ide Bisnis

Cara menentukan ide bisnis bagi sebagian orang merupakan tantangan sendiri. Tak jarang bisnis yang baru saja didirikan terancam gulung tikar karena sepinya pelanggan.

Atau banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, namun terkadang impian tersebut terhalang karena tidak  munculnya ide bisnis.

Dan pertama kali, yang harus Anda lakukan adalah mencari ide bisnis yang tepat. Berikut Asni paparkan tips menentukan ide bisnis.

Cara menetukan ide bisnis yang misterius dan penuh teka-teki

Saring Ide-ide Bisnis yang Muncul

Ide bisnis pasti bermunculan banyak sekali di kepala Anda, sehingga menyebabkan Anda mengalami kebingungan, mana yang harus Anda wujudkan terlebih dahulu. Ide-ide yang ada tersebut harus Anda saring dan bandingan dengan tren bisnis yang sedang populer di tahun ini.

Jangan lupa untuk menyaring ide bisnis mengunakan beberapa pertimbangan, seperti keberlangsungan produk tersebut untuk beberapa tahun ke depan.

Cari Ide Bisnis yang Menjadi Permintaan Pasar

Setelah Anda menyaring ide bisnis yang hendak Anda jalankan. Pastikan ide bisnis tersebut relevan dengan permintaan pasar saat ini. Bagaimana cara mengetahui apa yang menjadi permintaan pasar sehingga bisa menentukan ide bisnis?

Gunakan Google Adwords Keyword Planner. Dengan menggunakan tools tersebut dan memasukan kata kunci produk yang hendak Anda cari, dalam sekejap Google akan menampilkan jumlah pencari produk yang telah Anda ketikan tersebut.

Setelah itu, jangan lupa untuk gulir ke bawah untuk membaca tabel keyword by relevance di Google Adwords Keyword Planner tersebut.

Produk yang Sedang Tren Dapat Menjadi Ide Bisnis Anda

Anda harus memastikan stabilitas permintaan pasar dengan tren yang ada, agar bisnis Anda terus berjalan dan menghasilkan omset yang stabil.

Baca Juga:  Succes Passport Imers

Selain Google Adwords Keyword Planner Anda bisa melakukan cek tren yang sedang berlaku di pasar tahun ini dengan menggunakan Google Trend.

Dengan Google Trend Anda bisa mengecek berdasarkan rentang waktu. Google Trend akan menampilkan hasil berupa rata-rata per tahun dan berbulan, apakah produk tersebut mengalami peningkatan permintaan dari tahun ke tahun.

Browsing Ide Bisnis di Beberapa Situs Online

Anda juga bisa melakukan pencarian ide bisnis melalui website e-commerce dari berbagai sumber terpercaya dan juga up to date, seperti Amazon, Indonetwork, Dir Yahoo, Kaskus, Ebay, dan masih banyak lagi.

Dari berbagai situs yang telah disebutkan tersebut, Anda bisa melihat daftar produk yang sedang tren berdasarkan data penjualan.

Temukan Ide Bisnis dari Permalahan yang Sedang Dihadapi Atau Permasalahan yang Akan Muncul Kedepannya

Setiap permasalahan yang muncul membutuhkan solusi yang tepat. Bahkan solusi yang diberikan pun tak jarang pasti akan memunculkan permasalahan baru.

Awalnya permasalahan tersebut bersifat personal atau perorangan, namun lama kelamaan permasalahan tersebut menjadi masalah bersama. Nah, beragam masalah yang ada bisa menjadi peluang ide bisnis yang menarik.

Dari sinilah terkadang ide bisnis dapat muncul secara tidak terduga, tak jarang ide bisnis bisa muncul karena terinpirasi dari masalah tersebut.

Contoh yang sedang ada saat ini munculnya cafe-cafe dengan konsep coworking space atau  creative hub. Ide bisnis ini muncul karena kebutuhan masyarakat itu sendiri. Banyaknya pekerja-pekerja freelance ataupun perusahaan-perusahaan yang baru saja berkembang membutuhkan tempat untuk bekerja secara santai.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memilki cara tersendiri dalam menentukan ide bisnis?

Anda bisa tambahkan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ya. Semoga artikel cara menentukan ide bisnis dapat membantu Anda dalam menemukan ide bisnis yang cocok. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Berbisnis Sejak Muda

Sumber foto: rawpixel (pixabay.com)