Mengapa Banyak Karyawan Resign?

Mengapa banyak karyawan resign

Mengapa banyak karyawan resign? Anda memiliki sebuah perusahaan atau bisnis yang mempekerjakan karyawan, namun tiba-tiba karyawan yang Anda miliki banyak yang melakukan resign. Padahal gaji juga sudah diberikan tepat waktu.

Apa yang salah? Fenomena karyawan resign patut dicermati dari dua sisi. Alasan karyawan resign tidak melulu disebabkan oleh karyawan itu sendiri.

Padahal menurut Eric Mary, Country Manager Robert Walters Indonesia, (marketeers.com) memaparkan, idealnya orang itu dua tahun lamanya di dalam satu posisi yang sama.

Menanggapi fenomena ini, ada dua sisi yang harus dilihat, sisi karyawan dan sisi perusahaan. Dari sisi karyawan, Anda harus melihat alasan pasti kenapa karyawan memilih untuk resign.

Berikut alasan-alasan yang mungkin saja menjadi latar belakang karyawan melakukan resign

Menganggap Semua Karyawan Itu Sama

Alasan karyawan resign karena diperlakukan secara sama dan seragam. Dalam artian, mungkin Anda menganggap bahwa setiap karyawan memiliki kelebihan yang sama. Contoh, Anda menganggap bahwa semua karyawan harus pintar dalam hal marketing dan sales. Jadi ketika ada karyawan yang tidak mencapai target, Anda pun mengomel.

Setiap karyawan memiliki skill dan potensi yang berbeda-beda. Inilah yang harusnya Anda garis bawahi. Setiap karyawan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Kemudian, jika ada karyawan berprestasi namun Anda memperlakukannya biasa-biasa saja, itu terkesan meremehkan potensi mereka.

Anda harus memahami mereka; mengerti apa yang menjadi kendala mereka dalam menyelesaikan tugas dan apa yang membuat mereka bersemangat dalam bekerja.

Career Track yang Tidak Jelas

Terkadang ada karyawan yang tidak kompeten dan tidak bertanggung jawab menurut sebagian besar karyawan lainnya, namun kayawan tersebut justru mendapatkan promosi dari Anda.

Hal ini bisa menjadi alasan karyawan lain untuk memilih resign, daripada mengikuti pimpinan baru yang tidak terkoneksi dan dirasa tidak kompeten bagi mereka.

Baca Juga:  Bangga Menjadi Sales

Sistem career track yang tidak jelas inilah membuat sebagian karyawan lain merasa tidak adil bagi mereka yang lebih kompeten. Sistem career track harus ada pengukuran dan penilaian yang jelas sehingga memudahkan para karyawan memahami bagaimana seseorang dapat mencapai posisi tertentu.

Sistem career track harus diukur dan dinilai secara objektif, agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Jika career track abu-abu, karyawan akan cenderung resign karena mereka beranggapan tidak memiliki masa depan yang jelas di perusahaan Anda.

Tidak Ada Lagi Tempat Untuk Tumbuh dan Berkembang

Selain career track yang tidak begitu jelas, salah satu hal yang membuat karyawan resign adalah tidak ada tempat lagi untuk mereka tumbuh dan berkembang.

Karyawan yang profesional memiliki keinginan kuat untuk selalu tumbuh dan berkembang dalam perusahaan. Dia tidak hanya ingin sekadar bekerja. Karyawan juga ingin terlibat dengan pekerjaannya secara mendalam dan merasa terus tertantang untuk mendapatkan pelajaran yang bermanfaat dari apa yang dikerjakannya.

Upah yang Tidak Sesuai dengan Beban Kerja

Beban kerja yang terus bertambah akan tetapi tidak dibaringi dengan naiknya upah karyawan dapat menjadikan alasan karyawan mengajukan resign kepada Anda. Faktor ini juga dianggap salah satu alasan utama.

Karena karyawan merasa beban pekerjaan yang ada tidak sesuai dengan jumlah gaji yang diberikan. Belum lagi jika karyawan membandingkan penghasilan yang dia dapatkan dengan rekan seprofesi yang berada di perusahaan lain.

Lingkungan dan Budaya Pekerjaan Tidak Lagi Cocok

Setiap karyawan memiliki gambaran masing-masing mengenai lingkungan dan budaya di tempat kerja yang membuat mereka merasa nyaman.

Tidak adanya komunikasi yang aktif dan terbuka antar manajer dan para karyawan di tempat kerja menimbulkan budaya lingkungan kerja yang tidak sehat dan ini tentu saja mengganggu kenyamanan karyawan di sebuah perusahaan.

Nah, beberapa poin yang sudah diulas pada artikel mengapa banyak karyawan resign ini mungkin saja menjadi salah satu alasan karyawan di perusahaan Anda mengajukan resign. Jadi kesimpulannya, resign bisa saja terjadi karena ada masalah di perusahaan Anda. Yuk koreksi dan cari tahu mungkin ada yang salah dari perusahaan Anda.

Photo by energepic.com from Pexels

Baca Juga:  Cerita Sukses Membuka Pasar Buku