Pelatihan Perdana Digital Marketing Bersama ASNI Berjalan Sukses

Asosiasi sales nasional Indonesia (ASNI) DPW DIY sukses menyelenggarakan kegiatan edukasi  digital marketing.  Proses pelatihan yang sudah direncanakan sejak awal bulan Januari 2018, akhirnya sukses terlaksana pada hari Jumat (27/1). Buah kesuksesan itu bisa dipetik, berkat kerja keras pengurus ASNI DPW DIY, ditambah dengan  kehadiran para peserta pelatihan yang sangat  antusias. Serta yang paling berkesan, tentunya  ilmu-ilmu digital marketing yang banyak diberikan oleh dosen Aria.

Kegiatan yang dilaksanakan di sekretariat ASNI DPW DIY berjalan sukses dan dihadiri peserta yang sangat banyak dengan antusiasme yang membara.  Jumlah peserta yang hadir ada 18 kepala, dengan komposisi laki-laki 15 dan  3 perempuan. Rentang usianya juga unik, mulai dari usia 30 tahun sampai 60 tahun. Usia ternyata tidak membatasi mereka untuk belajar digital marketing, bahkan diusia senja mereka masih menyimpan api semangat  untuk selalu belajar menyesuaikan kemajuan teknologi.

Masing-masing peserta merupakan para pelaku bisnis yang sudah berpengalaman.  Namun, para pelaku bisnis yang sudah makan asam garam ini ternyata masih lapar dan haus akan ilmu digital marketing.

Dosen terbang Arya yang paham akan kelaparan dan kehausan akan ilmu digital marketing yang menyerang para pelaku usaha, telah memberikan resep yang enak, kemudian membuat kenyang, dan tentunya gampang dicerna.

Dalam acara pelatihan yang dimulai pada jam 19.00-22.30 WIB,  dosen terabang Aria memberikan dua materi dasar yang harus dimiliki para pelaku digital marketing.  Pertama, G Mail marketing. Materi G Mail marketing sangat mendukung pelaku digital marketing untuk menjalankan akun-akun media sosial yang akan dibuat sebagai ruang pemasaran kepada para khalayak ramai.

“Bagi pelaku bisnis, harus memiliki minimal 30 akun G mail, karena akun G Mail merupakan sebuah kunci untuk membuka akun media sosial sebanyak-banyaknya.”

Baca Juga:  Strategi Marketing yang Cerdas dan Tertarget

Dosen terbang  Aria juga menambahkan sebuah teknik, “Semakin banyak akun G Mail dan media sosial yang Anda  miliki untuk berjualan, maka setiap pesanan produk yang dicari konsumen di mesin google akan masuk ke akun Anda.”

Setelah istirahat sebentar untuk minum dan menikmati kue yang disediakan panitia, acara pelatihan dilanjutkan dengan materi kedua.

Materi kedua lebih condong pada proses menawarkan produk, jasa,event, lamaran kerja, masukan pelanggan, dengan jalan  google formulir.   Sebuah platform yang sudah disediakan google untuk memudahkan promosi. Anda tinggal menambahkan potret produk serta tambahan keterangan informasi tentang produk dan kontak untuk memesan produk.

Berikut contoh google formulir untuk mengenalkan produk atau jasa. Jangan lupa ditambahi dengan kontak yang dapat dihubungi.

Setelah google formulir sudah diisi dengan gambar produk, judul yang sesuai dan menjual. Selanjutnya, dibawah gambar produk  berikan pertanyaan atau survei konsumen sesuai produk yang dijual dan apa yang Anda butuhkan dari konsumen.

Contoh berikut merupakan survei kebutuhan konsumen sesuai produk yang dijual.

Setelah selesai menambahkan gambar produk dan pertanyaan survei, langkah selanjutnya ialah klik preview /pratinjau. Untuk mempersingkat link yang ada dipratinjau maka harus digunakan aplikasi bitly.com. Selain untuk menyingkat link, bitly juga bisa  digunakan untuk membangun judul yang menjual dan mudah dipahami.

Berikut merupakan contoh link google formulir yang masih panjang dan perlu dibuat kreatif serta menjual.

Dibawah tulisan Jual beli buku kuliah Jogja, ada sebuah Link URL yang sangat panjang dan rumit. Agar bagus, tidak rumit, dan menjual maka link url tersebut harus dirubah dengan menggunakan aplikasi bitly.com

Bagaimana caranya?

Klik tombol warna orange  Create Bitlink. lalu copy paste link panjang dan rumit. Dan hasil akhirnya nanti seperti gabar dibawah ini.

Baca Juga:  Manfaat Blog Untuk Bisnis

Setelah muncul gambar seperti di atas, perhatikan kotak tengah yang berjudul CUSTOMIZE. dibawah kata customize ada bitly lalu tanda miring kemudian tulis judul target market yang  mudah dicerna oleh konsumen. Dan harus ditulis tanpa spasi.  Langkah seanjutnya ialah, klik save atau simpan.

Dan untuk  langkah selanjutnya ialah copy atau share link yang kita buat pada media sosial. Bisa ke WA, Facebook, dan Twitter. Caranya klik tanda share atau copy pada bagian kanan atas aplikasi bitly.com, seperti gambar dibawah ini.

Berikut contoh saat kita berhasil copy paste link promosi produk ke media sosial facebook.

Sudah berhasil dan Anda tinggal praktik.  Semoga  berhasil menjadi pemasar yang mampu menarik hati konsumen.