Strategi Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4P sebelumnya bernama Bauran Pemasaran yang dicetuskan pertama kali oleh Neil Borden. Bauran Pemasaran gagasan Neil Borden terdiri oleh 12 aspek. Menurut sumber dari buku yang berjudul The Management of Marketing Costs, Jerome McCarthy kemudian menyederhanakan 12  aspek tersebut ke dalam empat aspek pokok yaitu, Product, Price, Place, dan Promotion, yang kemudian disebut dengan istilah Strategi Pemasaran 4P.

Anda sebagai pelaku bisnis dituntut untuk bisa menentukan apa saja yang berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yakni strategi pemasaran 4P.

Jika Anda menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik strategi pemasaran 4P: Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi) dan Promotion (Promosi) akan membantu bisnis menjadi lebih berkembang dan maju. Sekalipun bisnis Anda adalah bisnis UMKM.

Simak dengan baik ulasan tentang strategi pemasaran 4P yang akan memberikan informasi terbaru untuk bisnis Anda

Product

Setiap bisnis yang hendak Anda jalankan harus memiliki produk andalan. Produk apa yang akan menjadi andalan dan bagaimana cara Anda mengembangkan produk andalan tersebut harus jelas.

Jika sudah ketemu produk andalan bisnis Anda, selanjutnya Anda harus mengembangkan produk tersebut. Dalam mengembangkan produk bisa dari berbagai segi. Contohnya, mengembangkan dari segi varian rasa, varian bentuk, varian kemasan ataupun varian ukuran.

Hal yang paling penting dan jangan sampai Anda lewatkan adalah selalu melakukan quality control pada produk Anda. Quality control adalah menjaga kualitas dari produk andalan Anda agar tetap memiliki kualitas yang semakin hari semakin baik.

Anda juga bisa selalu meminta kritik dan saran dari para konsumen Anda. Kritik dan saran yang disampaikan dapat sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan usaha Anda untuk ke depannya, sehingga Anda dapat menghasilkan sebuah produk dengan kualitas yang baik, produk dengan kualitas baik akan memberikan kepuasan dan dapat membangun kepercayaan tersendiri bagi konsumen.

 Price

Membahas soal price atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan istilah harga, tentunya banyak orang yang sudah paham apa yang dimaksud dengan harga. Harga merupakan nilai suatu barang atau jasa yang ditentukan oleh penjual.

Baca Juga:  Generasi Millenial: Menjadi Subjek atau Objek Bisnis?

Setiap produk yang ditawarkan oleh penjual, baik itu produk berupa barang  ataupun jasa, pastilah memiliki harga. Harga sendiri ada bermacam jenisnya, ada harga subjektif, harga objektif (harga pasar), harga pokok, dan harga jual.

Harga menjadi salah satu poin penting yang diperhartikan oleh para konsumen. Tinggi rendahnya harga menjadi perhatian khusus konsumen ketika hendak mencari suatu produk.

Maka dari itu, harga menjadi faktor yang penting setelah faktor kredibilitas. Strategi penerapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan maupun pemasaran produk yang ditawarkan. Sehingga tentukan harga yang baik dan rasional.

Place

Setelah membahas betapa pentingnya sebuah harga terhadap produk yang Anda jual, selanjutnya tempat atau place menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis Anda. Dalam strategi pemasaran, pemilihan tempat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha.

Jika bisnis Anda merupakan bisnis offline, maka pemilihan lokasi usaha yang strategis, tepat atau pas menjadi salah satu faktor yang turut menjadi penentu dari kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha Anda.

Jika bisnis Anda merupakan bisnis yang berangkat dari bisnis online dan belum terpikirkan untuk memaparkan produk secara offline, faktor tempat atau lokasi usaha di sini bisa diganti dengan Anda memilih media sosial dan marketplace yang tepat untuk memasarkan produk Anda tersebut.

Promotion

Strategi Pemasaran 4P selanjutnya adalah P untuk kata Promotion. Baik usaha besar maupun usaha kecil yang sedang berkembang, pastilah membutuhkan kegiatan untuk promosi bisnis.

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa yang hendak Anda tawarkan adalah menerapkan strategi promosi. Dengan promosi diharapkan dapat meningkatkan laba yang Anda peroleh.

Jadi, ketika Anda memiliki sebuah usaha, ada baiknya Anda tidak melupakan ulasan yang baru saja kita bahas berikut. Karena dalam sebuah bisnis yang dijalankan dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi pemasaran tersebut adalah strategi pemasaran 4P.

Baca Juga:  Cek Hemofilia Dalam Tubuh Kita

Photo by William Iven on Unsplash